Pasangan Hidup Dalam Tuhan (PHDT)

Berikut ini adalah hal-hal yang dapat anda lakukan agar hubungan yang anda jalani dapat selalu berpusat pada Tuhan, tulisan kali ini cukup panjang, sepanjang 4 halaman kertas A4, pastikan Anda menyiapkan waktu Anda untuk membacanya, bila anda ingin mengetahuinya.

  1. Ingatlah bahwa Kasih Allah adalah yang paling utama.
Perlu diingat bahwa Tuhan sangat mengasihi Anda, dan itu berarti Anda tidak perlu mencari pemenuhan dalam hal bagaimana seseorang mengasihi Anda . Sadarilah bahwa kasih yang paling sempurna yang berasal dari Allah itu akan selalu menjadi milikmu. Tuhan akan melakukan bermacam cara untuk mengisi kekosongan cinta yang ada dalam dirimu, lebih baik daripada yang dilakukan oleh manusia. 

Yakinkan dirimu, Tuhan mengasihimu dan kamu akan semakin kuat di dalam hubungan kasih dengan Tuhan. Dengan ini Anda mengetahui  bahwa Dia selalu ada untuk membantu Anda di sepanjang perjalanan kehidupan Anda. Percaya kepada-Nya, dan buatlah Ia menjadi bagian yang terpenting dalam hidup Anda. Jadikanlah Dia sebagai cinta dalam hidup Anda.
  
2.      Tahu pasangan yang ideal untuk Anda.

Berkencanlah dengan seseorang yang Anda pikir Anda akan menikah dengannya. Pilihlah seseorang yang memiliki kehendak yang sama dengan kehendak Tuhan, yang akan membangun Anda di dalam iman Anda kepada Tuhan. Jika Anda sudah berada di dalam suatu hubungan khusus, mari saling mendorong satu sama lain untuk mengikuti kehendak Tuhan. Bantulah pacar Anda untuk tetap fokus kepada Tuhan. Ketahuilah bahwa orang Kristen tidak boleh berada dalam hubungan yang timpang, jika mereka tidak mau menerima iman Anda, mungkin hubungan itu harus anda korbankan.
  
3.      Berdoa.

Doakanlah hubungan Anda dengan seseorang, serahkan segalanya kepada Tuhan. Biarkan Tuhan mengetahui bahwa Anda meminta persetujuan-Nya. Ceritakan semua masalah yang timbul kepada Tuhan. Bersyukurlah atas kesempatan untuk berada dalam suatu hubungan dan saat-saat bahagia Anda alami. Anda juga bisa berdoa dengan pacar Anda. Ini adalah cara yang baik untuk saling membantu dengan apa pun tekanan hidup yang kalian alami. Dengan berdoa bersama-sama, Anda mengalami kasih Tuhan bersama-sama. Walaupun demikian, berhati-hatilah dalam melakukan hal ini. Waktu yang Anda habiskan dalam doa dengan orang lain dapat membawa anda lebih dekat kepada mereka, tetapi tidak selalu dekat kepada Tuhan. Carilah dahulu kehendak Allah dan kemudian berhati-hatilah dalam hal rahasia yang Anda sampaikan satu sama lain.
  
4.      Bicara tentang Tuhan.

Bawalah selalu Tuhan ke dalam percakapan Anda. Hal ini tidak hanya akan membantu Anda dalam menjaga Allah di pikiran Anda, tetapi juga akan membantu Anda mengetahui apa yang diyakini oleh orang lain. Membahas Tuhan juga memungkinkan Anda untuk membangun setiap pengetahuan dan keyakinan kalian.
  
5.      Bacalah Alkitab.

Menjaga kata-kata Allah tetap berada di dalam hati Anda akan membantu Anda untuk mengingat kasih dan janji-janji Tuhan untuk Anda. Cobalah membaca Alkitab bersama-sama. Hal ini menyenangkan, bersifat rohani dan baik untuk percakapan. Ayat-ayat yang berbeda akan membantu Anda di sepanjang hubungan Anda.
  
6.       Terlibat dengan Gereja.

Pastikan pacar Anda dan Anda aktif dalam tubuh Kristus. Anda akan merasakan hal yang baik dalam berbagi kasih Tuhan. Dia memanggil kita untuk melayani Dia. Lakukan pendalaman Alkitab dan temukan sebuah gereja di mana Anda dapat terlibat bersama.
  
7.      Hati-hati dengan kasih sayang secara fisik.

Allah menciptakan kasih sayang secara fisik untuk menjadi suatu hal baik. Tapi berhati-hatilah dalam berapa banyak kontak fisik yang Anda lakukan satu sama lain. Suatu hubungan dapat dengan mudah berubah menjadi dosa jika ikatan fisik terjadi terlalu cepat. Setiap orang memang berbeda, namun jika Anda merasa bersalah sama sekali atas tindakannya, mungkin ini adalah indikasi bahwa Anda sudah terlalu jauh. Hindari segala kontak fisik yang dapat menyebabkan pikiran penuh nafsu. Simpan seks untuk pernikahan. Bicarakanlah segala kontak fisik Anda dengan satu sama lain, dan pastikan Anda berdua merasa nyaman dan merasakan kasih Tuhan dalam hubungan kalian.
  
8.      Tunjukkan kasih Kristus kepada satu sama lain.

Berkorbanlah satu sama lain. Menonton film cewek, dan pergi ke permainan basket. Jangan menghakimi, bersedialah untuk saling melayani. Ingat, segala sesuatu diperbolehkan tapi tidak segala sesuatu yang bermanfaat. Ketahuilah apa yang mungkin tidak salah untuk satu orang namun menjadi berbahaya untuk orang lain. Letakkanlah segala sesuatu di atas kepentinganmu. Letakkanlah kebutuhan mereka di atas kebutuhan Anda sendiri. Temukan cara untuk menunjukkan kasih satu sama lain. Gunakan kasih yang telah ditunjukkan oleh Tuhan kepadamu dan berikanlah itu ke pacar Anda.
  
9.      Mengejar Buah Roh.

Upayakan untuk mempertahankan ciri-ciri kesalehan. Kasih, sukacita, damai sejahtera, kesabaran, kemurahan, kebaikan, kesetiaan, kelemahlembutan, dan penguasaan diri. Hal ini akan bekerja untuk meringankan masalah duniawi yang dapat berpengaruh kepada hubungan anda.
  
10.  Bersukacita, Memuji dan Memuliakan Tuhan.

Tersenyumlah dan ketahuilah bahwa Allah bersama dengan Anda. Nikmati kehidupan yang telah Allah berikan kepada kalian berdua. Setiap kali Anda mendapatkan kesempatan, pujilah Tuhan untuk segala sesuatu yang telah Ia berikan dalam hidup Anda. Percayalah, dan ketahuilah bahwa Allah adalah sandaranmu. Ia menginginkan apa yang terbaik untuk kalian berdua.
  
11.  Hargailah waktu pribadi anda dengan Tuhan.

Pastikan Anda menyediakan waktu khusus, dan menghabiskan waktu itu hanya bersama Tuhan. Anda perlu saat-saat membaca Alkitab, membuat catatan harian atau berdoa hanya antara Anda dan Tuhan. Karena Allah adalah kekasih Anda yang paling utama, adalah baik untuk memiliki waktu sendiri denganNya.
  
12.  Ingatlah selalu bahwa Tuhan itu nyata.

Ketika Anda memiliki seseorang yang spesial yang bisa membawa kebahagiaan di dunia ini, sadarilah kasih Allah yang kekal adalah sesuatu yang tidak ingin anda lewatkan. Allah adalah kasih.
Sadarilah bahwa Allah bekerja dalam hidup Anda sekarang. Pengampunan-Nya nyata dan janji-Nya adalah nyata. Berikan kasih yang telah diberikan Tuhan untuk pacar Anda. Kasih Tuhan adalah sempurna. Biarkan kasih Kristus berkuasa di dalam hubungan kencan Anda. Biarkan cinta yang Anda miliki untuk satu sama lain menjadi spanduk kepada dunia untuk menunjukkan kebaikan Allah.

Ingat juga, kamu bukan milik kamu sendiri, kamu telah dibeli dengan harga yang mahal, karena itu Tuhan harus memerintah dalam hubungan Anda. Kita dipanggil untuk menjadi kudus, karena Ia adalah kudus. Kita mungkin merasa baik dengan membenci ayah dan ibu, istri dan anak-anak, saudara-saudara, dan bahkan kehidupan sendiri; tidak terkecuali hubungan berpacaran Anda. Ingat, seperti yang CS Lewis katakan, bahwa cinta yang menjadi dewa akan menjadi setan. Karena itu, kirim semua cinta Anda, untuk salah satu yang adalah Kasih, dan Ia, seperti seorang tukang kebun, akan memangkas cinta yang secara alami begitu berubah-ubah dan sementara, menjadi taman-taman indah yang dapat kita bagikan dengan semua hubungan yang Anda jalani, tanpa terkecuali hubungan percintaan Anda.


Tips

a. Formula Hollywood untuk hubungan adalah:
1. Temukan orang yang tepat
2. Jatuh cinta (fokus pada emosi)
3. Letakkan semua harapan dan impian pada orang itu
4. Ketika hal itu tidak bekerja, Anda menganggap Anda memilih orang yang salah, dan mengulang proses di atas dengan orang lain.
Namun, Formula Tuhan bagi hubungan yang langgeng adalah:
1. Fokus pada menjadi orang yang tepat
2. Berjalan dalam kasih (walk in love, bukan fall in love), sebuah pilihan untuk mencintai seseorang saat mereka membutuhkannya tapi layak mendapatkannya sedikit.
3. Tetapkan harapan dan impian pada Allah (mengetahui bahwa hubungan manusia tidak dapat memenuhi Anda atau membuat Anda utuh, hanya Allah yang dapat)
4. Jika itu tidak berhasil, mulai lagi pada langkah 1 (yakni menjadi seseorang yang paling tepat untuk pasangan masa depan Anda, seperti yang Tuhan inginkan)

b. Ayat-ayat Alkitab yang penting untuk hubungan Anda:
    *
Tetapi carilah dahulu Kerajaan Allah dan kebenarannya, maka semuanya itu akan ditambahkan kepadamu. (Matius 6:33)
    *
dan bergembiralah karena TUHAN; maka Ia akan memberikan kepadamu apa yang diinginkan hatimu. (Mazmur 37:4)
    * Kasih itu sabar; kasih itu murah hati; ia tidak cemburu. Ia tidak memegahkan diri dan tidak sombong. Ia tidak melakukan yang tidak sopan dan tidak mencari keuntungan diri sendiri. Ia tidak pemarah dan tidak menyimpan kesalahan orang lain. Ia tidak bersukacita karena ketidakadilan, tetapi karena kebenaran. Ia menutupi segala sesuatu, percaya segala sesuatu, mengharapkan segala sesuatu, sabar menanggung segala sesuatu (1 Korintus 13: 4-7).
    * TUHAN Allahmu ada di antaramu sebagai pahlawan yang memberi kemenangan. Ia bergirang karena engkau dengan sukacita, Ia membaharui engkau dalam kasih-Nya, Ia bersorak-sorak karena engkau dengan sorak-sorai (Zefanya 3:17).
    
* Aku bersukaria di dalam TUHAN, jiwaku bersorak-sorai di dalam Allahku, sebab Ia mengenakan pakaian keselamatan kepadaku dan menyelubungi aku dengan jubah kebenaran, seperti pengantin laki-laki yang mengenakan perhiasan kepala dan seperti pengantin perempuan yang memakai perhiasannya (Yesaya 61:10).

c. Coba juga untuk membaca macam-macam buku tentang kencan Kristen.

Peringatan

    * Pastikan untuk menjaga hati Anda secara rohani. Batasi fantasi dan lamunan Anda dan fokus pada kenyataan. Mintalah Tuhan untuk melindungi Anda dari sejumlah sakit hati.
    * Hindari hubungan yang mengalihkan Anda dari tujuan hidup Anda, yang tidak berujung pada kekekalan, dan yang tidak dapat memuaskan keinginan Anda.
    * Ingat bahwa seseorang tidak dapat mengisi lubang-lubang di hati Anda, hanya Tuhan yang bisa mengisi itu semua.
Jangan membuat diri Anda kecewa. Haruslah kita memaafkan dan melupakan. Cintailah sebagaimana Kristus mencintai Anda. Allah mengasihi Anda lebih dari yang manusia bisa lakukan. Teruslah berjalan, jangan berhenti, tetaplah mencari sampai kepada-Nya dan hanya berfokus pada diriNya.
    * Ingat bahwa Alkitab berkata, sebelum mereka menikah di hadapan Allah, mereka harus berpantang dari hubungan seksual. Pastikan kedua belah pihak yang dimaksud menyadari hal ini dan telah menyetujui untuk menghormatinya.

Sumber: Wikihow

8 comments:

  1. Saya sangat bersyukur dengan teeks ini

    ReplyDelete
  2. makasih, namanya juga lebih dari sekedar manusia :D

    ReplyDelete
  3. bagaimana bila sdh terlanjur berhubungan seksual sebelum menikah? dan laki-laki itu malam meninggalkan saya..apa yg harus dilakukan?

    ReplyDelete
  4. Terimakasih untuk artikel yang sangat luar biasa ini. Penulisannya pasti sangat diberkati oleh Tuhan. Puji Tuhan :)

    ReplyDelete

Berkomentarlah dengan bijak. Ingat Matius 15:18 "Tetapi apa yang keluar dari mulut berasal dari hati dan itulah yang menajiskan orang."