Mengasihi tanpa syarat

Anda tahu film pendek yang berjudul More Than Dreams atau bisa diterjemahkan “lebih dari sekedar mimpi” (wah, mirip judul blog gw :D )? Sebenarnya film ini tidak bisa dibilang pendek, karena memang berdurasi sekitar 42 menit, cukup panjang untuk sebuah film pendek.

Inti dari film pendek ini adalah pengampunan. Cerita diawali oleh serangan jantung yang dialami ayah Dini, namun sayangnya ayahnya tidak mampu bertahan, sehingga harus pergi meninggalkan istrinya yang sedang hamil, Dini, dan anak-anaknya yang lain. Tidak hanya itu, ia juga meninggalkan adik istrinya yang belum menikah, yang sudah hamil delapan bulan, olehnya.

Mungkin anda sudah dapat menebaknya, ya,  Dini, yang percaya bahwa ayahnya adalah seorang pahlawan baginya, akan kesulitan memaafkan ayahnya. Benar saja, Dini merasa benar-benar dikhianati oleh seseorang yang amat dikasihinya, dan bahkan mulai menyangkal Allah.

Jadi bagaimanakah Dini bisa benar-benar mengampuni dan bertobat?

Inilah yang perlu kita ketahui:
Untuk mengampuni seseorang, kamu tidak perlu melihat apa yang telah dilakukannya di masa lalu. Pengampunan yang melihat hal-hal tertentu dalam diri seseorang bukanlah pengampunan yang sejati. Pengampunan yang sejati adalah PENGAMPUNAN YANG TANPA SYARAT oleh karena anda MENGASIHI TANPA SYARAT apa pun.

Bila anda mengasihi seseorang karena dia adalah orangtua, atau saudara, atau anak, atau sahabat, atau orang terdekat anda, apakah anda memang benar-benar memiliki kasih??
Ternyata TIDAK SAMA SEKALI (bnd. III Yoh. 1:5)

Bila anda mengasihi seseorang karena dia telah melakukan hal-hal yang baik untuk anda, apakah anda memang benar-benar memiliki kasih??
Ternyata TIDAK SAMA SEKALI  (bnd. Luk. 6:33)

Bila anda sebelumnya mengasihi seseorang, tapi kemudian anda tidak mengasihi, bahkan membenci orang tersebut, apakah memang anda benar-benar memiliki kasih??
Ternyata TIDAK SAMA SEKALI (bnd. I Yoh. 4:20)

Kasih yang anda berikan tersebut hanyalah kasih yang pura-pura.

Kasih yang sejati, bukan karena orang itu adalah orang terdekat anda, atau bukan karena seseorang itu mengasihi anda, atau bukan karena perbuatan yang telah dilakukannya, melainkan BUKAN KARENA APA-APA.

Karena kasih yang sejati tidak perlu syarat apa pun!

Apa pun yang dilakukan oleh orangtuamu, atau saudaramu, atau anakmu, atau siapa pun yang ada di dunia ini, baik ataupun buruk, seharusnya semuanya itu tidak menjadi alasan buat kita untuk BERHENTI MENGASIHI mereka, atau alasan buat kita untuk BERHENTI MENGASIHI orang lain, atau bahkan alasan untuk kita menyangkal Allah!

Kasih Kristus itu tanpa syarat, dan seperti inilah Kristus mengasihi kita:
Ia mengasihi keluargaNya
Ia mengasihi siapa pun orang yang ditemuiNya
Ia mengasihi orang jahat
Ia mengampuni orang yang telah berbuat jahat kepadaNya
Ia mengasihi orang terdekatNya, bahkan setelah orang tersebut berkhianat kepadaNya
DAN MASIH BANYAK HAL LAINNYA

Karena itu seperti Kristus mengasihi kita tanpa syarat, demikianlah juga kita harus mengasihi tanpa syarat.

Karena itulah Dini, menghilangkan seluruh pendapatnya/pemikirannya sendiri mengenai sang ayah, ibunya, tantenya, dan saudara-saudaranya, dan mulai mengasihi seperti kasih yang mula-mula.

Lukas 6:35 Tetapi kamu, kasihilah musuhmu dan berbuatlah baik kepada mereka dan pinjamkan dengan tidak mengharapkan balasan, maka upahmu akan besar dan kamu akan menjadi anak-anak Allah Yang Mahatinggi, sebab Ia baik terhadap orang-orang yang tidak tahu berterima kasih dan terhadap orang-orang jahat.

*SELAMAT MENGASIHI*


5 comments:

  1. Melupakan dendam mesti seperti lupa ingatan, lupa daratan, dan lupa diri. Hehe. Just kidding.
    Yang penting, jangan mau nyimpan dendam lama-lama. Gak baik untuk 'kesehatan' kita. Kasih yang sejati akan mampu meniadakan dendam dalam diri.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul bro. Btw apaan tuh maksudnya tanda kutip? hehehe

      Delete
  2. Maksudnya bukan kesehatan secara fisiologis bro. Tp secara psikologis. Heh

    ReplyDelete
  3. Syalom saudaraku terkasih, Alamat anda terkategori dialamat kami sebagai alamat untuk bacaan Online
    http://gnibot.blogspot.com/ Go to http://fav.fav.cc/go/alkitab/

    Jika ada masukan silahkan kirim pesan anda kepada kami melalui :
    http://iferas.fav.cc/kontak

    Kami dapat membantu anda membuat kontak form pribadi seperti alamat kontak form diatas gratis. anda cukup mengirim pesan kepada kami dan kami siap meyediakannya kepada anda dengan syarat mengirimkan alamat email anda agar nantinya alamat email anda yang kami maksud menjadi tujuan pesan para pengirim email. ini gratis sebagai upaya anda membuat alamat bacaan umat Kristus
    salam dari kami MC2 ( Medan Cyber Community )
    http://fav.fav.cc

    ReplyDelete
  4. dari judulnya ajh ane udah setuju bngt

    ReplyDelete

Berkomentarlah dengan bijak. Ingat Matius 15:18 "Tetapi apa yang keluar dari mulut berasal dari hati dan itulah yang menajiskan orang."